Santo Franciscus Assisi

Santo Franciscus Assisi

(warna coklat adalah warna jubah St. Franciscus)

Franciscus adalah orang pertama yang merayakan Natal dengan kandang Natal. Ini dia lakukan di Greccio, satu desa kecil di Italia. Setelah ia dan para pengikutnya serta orang sedesa tersebut melakukan hal tersebut, perayaan Natal dengan kandang Natal menjadi sangat marak dan dicintai oleh orang banyak, bahkan hingga kini.

Banyak orang mengatakan bahwa St. Franciscus adalah gambaran sempurna mengikuti Yesus. Ia bukan hanya pengikut yang baik, ia juga menjadi “seorang seperti Yesus”. Ia sungguh mencinta Yesus, karena itu ia berusaha meneladani Yesus dengan sempurna.

Franciscus adalah anak sulung dari pedagang kaya di Assisi. Bapaknya Pietro Bernardone dan ibunya Donna Pica adalah keluarga sangat kaya. Bapaknya biasa berbelanja pakaian mewah ke Francis. Karena itu ketika anak sulungnya lahir bapaknya menamai dia Franciscus.

Bapaknya menghendaki Franciscus menjadi orang terpandang. Karena itu ketika pecah perang antara Assisi dan Perugia, ia membeli persenjataan yang sangat lengkap dan kuda terbaik untuk dipakai oleh Franciscus berperang. Dengan harapan kalau Assisi menang dalam perang maka para pejuang akan diangkat menjadi kelas bangsawan. Keluarga Franciscus bukan kelas bangsawan. Franciscus muda suka perlakuan yang sedemikian.

Pada masa mudanya ia seorang “boss” untuk kaum seusianya. Dia biasa membawa kaum muda berpesta, benyanyi dan berpoya-poya. Franciscus sanggup melakukan itu karena ia anak orang kaya dan ia merupakan anak kesayangan orang tuanya.

Keinginan anak muda ini berbeda dengan keinginan Allah. Allah menghendaki dia menjadi “tentara Allah”. Allah, lewat salib yang berbicara kepada Franciscus, memanggil dia untuk “memperbaiki gereja”.

Sejak itu ia berubah total. Ia tak suka poya-poya. Pesta ia hindari. Ia mulai mencintai orang miskin. Ia membantu mendirikan gereja. Kemudian ia memutuskan mencintai kemiskinan sebagai tanda cinta kepada Kristus yang miskin. Ia mencintai Kristus secara total.

Sejak awal pertobatannya banyak orang merasa tertarik dengan cara hidup baru ini. Mereka datang dan bergabung dengan Franciscus. Ia memberi mereka peraturan hidup, yakni menghidupi Injil Suci Yesus Kristus. Inilah cara hidup St. Franciscus yakni hidup menurut Injil.

Ia mencintai perdamaian dan semua ciptaan Allah. Ia suatu kali pergi ke negara Muslim, dengan harapan mereka akan membunuh dia dan dia akan menjadi martir. Tetapi sebaliknya terjadi, kaum Muslim melihat ada cahaya kekudusan dalam diri Franciscus, maka mereka memperlakukan dia dengan sangat hormat. Bahkan pangeran menjadikan dia sebagai tamu kenegaraan. Meraka mendengar pengajaran Franciscus. Mereka kagum akan Kristus, karena Franciscus – pengikut Kristus saja sudah luar biasa – apalagi yang diikuti.

Suatu kali Francis sedang berdoa di bukit Laverna, Allah mengunjungi dia dan memberi hadiah sangat istimewa kepada Franciscus. Luka-luka Kristus di salib hadir dalam diri Franciscus. Ia menerima stigmata (kelima luka Yesus). Ia memperoleh luka salib tanpa pernah disalibkan. Memang dia sungguh mirip dengan Kristus.

Franciscus berkotbah tentang Yesus dan bunda-Nya di mana saja. Orang-orang mendengar dan mengikuti pengajarannya. Ia berkotbah dengan bahasa yang sangat sederhana.

Ia juga mengajar kepada burung-burung dan ikan-ikan dan binatang-binatang tersebut mendengar dia. Bahkan srigala yang ganas pun mendengar dan taat pada Franciscus. Ia merupakan saudara untuk semua ciptaan.

Para pengikut St. Franciscus dimanai Franciscan. Mereka ini sangat besar jumlahnya. Ada di semua negara. Mereka ini berusaha mengikuti Yesus Kristus dengan teladan dan cara hidup St. Franciscus.

Franciscus adalah pelindung lingkungan hidup sedunia.

Pestanya dirayakan pada 4 Oktober.

ctt. untuk lebih mengerti siapa Franciscus, klik saja “kategori” franciscan yang ada di sebelah kanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s