Santo Laurentius dari Brindisi

Santo Laurentius dari Brindisi

Lauerntius lahir di Brindisi, Italia. Pada usia masih sangat muda ia sudah yakin bahwa Allah memanggil dia menjadi pelayan di kebun anggur-NYA. Menjawab panggilan tersebut ia bergabung dengan Ordo Saudara Dina Kapusin (biasa dikenal dengan OFM.Cap), pada usia enam belas tahun. Ia bergabung di Verona, Italia.

Pada saat kuliah di universitas Padua, dia termasuk orang yang sangat berbakat belajar. Dia menyelesaikan studinya dalam waktu yang singkat. Dalam waktu lebih cepat dari biasa, ia menyelesaikan study Filsafat dan Theology.

Di samping itu ia juga termasuk sangat berbakat belajar bahasa. Ia juga mengerti Kitab Suci dengan baik sekali.

Karena bakat-bakat khusus ini, pada tahun 1598 ia dikirim untuk mendirikan komunitas kapusin di Jerman dan Austria. Di sana ia juga turut mendukung Pangeran yang beragama Katolik untuk menghadapi ancaman dari negara-negara Timur Tengah, khususnya Turki.

Pada saat perang di Stuhlweissenburg, pasukan Kristen sesungguhnya jauh lebih sedikit dibanding pasukan Turki, satu berbanding empat. Melihat kenyataan ini, pasukan Kristen sudah mulai mau menyerah. Laurentius menyemangati pasukan Kristen dengan doa yang sungguh luarbiasa. Kemudian ia maju ke depan pasukan, ia bergerak sebagai pemimpin pasukan di depan. Melihat hal tersebut semangat pasukan Kristen kembali pulih bahkan menjadi berlimpah. Laurentius hanya membawa salib di tangannya. Luar biasanya, pasukan Kristen yang jumlahnya hanya seperempat dari pasukan Turki, berhasil mengalahkan pasukan musuh. Dengan itu Eropa pun aman.

Laurentius meninggal dunia pada tahun 1619 di Lisbon, Portugal. Dia merupakan manusia penuh doa dan selalu siap untuk belajar dan belajar. Ia dekat sekali dengan Allah. Ia yakin bahwa dengan Allah segala sesuatu akan baik-baik saja. Dia merupakan salah satu yang mendapat title Doctor Gereja.

Pestanya dirayakan pada 21 Juli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s