Santa Jane Frances de Chantal

Santa Jane Frances de Chantal

 

Jane adalah puteri dari ketua parlement Francis. Dia menikah dengan Baron de Chantal, kepala pasukan militer untuk Raja Henry IV. Suaminya meninggal akibat mengalami kecelakaan saat berburu. Sebelum meninggal dunia suaminya sempat dibawa ke rumah dan meninggal dipangkuan Jane. Dia menjadi janda pada usia dua puluh delapan tahun dengan seorang anak lelaki dan tiga orang puteri.

Jane dengan tabah menghadapi situasi ini dan selalu meminta bimbingan kepada Franciscus de Sales (yang kemudian menjadi Santo Franciscus de Sales). Franciscus menasihati Jane untuk menggunakan waktunya untuk melayani Allah. Dia mendidik anak-anaknya dengan baik.

Dengan bimbingan Franciscus juga ia mendirikan Ordo Kunjungan Bunda Maria di Annecy pada tahun 1610.

Santo Vincent de Paul termasuk orang yang mengenal Jane dengan baik. Vincent memberi kesaksian bahwa Jane adalah orang yang sungguh beriman, namun seluruh hidupnya dia isi dengan keyakinan bahwa imannya masih terlalu kecil. Ia adalah wanita yang rendah hati. Ia bahkan tidak mau beristirahat sejenak demi kesenangan dirinya sendiri. Ia selalu menyibukkan diri demi kerajaan Allah. Santa Vincent berkeyakinan bahwa Jane adalah orang terkudus yang pernah dia jumpa di dunia ini.

Jane meniggal pada 13 Desember 1641 pada usia enam puluh satu tahun.

Pestanya dirayakan pada 18 Agustus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s