Santa Catherina dari Alexandria

Santa Catherina dari Alexandria

Catherina lahir dari keluarga terkenal di Alexandria, pada abad ketiga. Sebagai gadis muda, dia memilih menjadi Katolik setelah mengalami penampakan Yesus.

Pada waktu itu Maxentius menjadi pemerintah di Alexandria. Ia sedang galak-galaknya menangkapi dan menyiksa para pengikut Kristus. Banyak di antara pengikut Kristus dibunuh oleh prajurit pemerintah. Catherina tanpa rasa takut mempraktekkan imannya secara terbuka. Dalam pembicaraan ia selalu mengakui bahwa ia adalah pengikut Kristus dan ini ia tunjukkan lewat teladan hidup yang baik. Melihat keberanian gadis muda ini banyak orang terdorong untuk dibaptis dan mengikuti Yesus. Ketika pemerintah mendengar hal tersebut dia memerintahkan orang-orang yang bertobat karena pengaruh Catherina untuk disiksa dengan cara dilemparkan kedalam api hidup-hidup. Ini dilakukan raja untuk menteror Catherina.

Melihat perlakuan tak manusiawi pemerintah, Catherina tetap teguh dalam imanya. Raja memerintahkan supaya ia ditangkap dan dipenjarakan. Ketika di penjara, dia menjadi teman baik isteri raja. Pertemanan ini mengakibatkan isteri raja bertobat dan menjadi Katolik. Pertobatan istri raja diikuti oleh banyak teman setianya. Raja marah bukan main. Ia memerintahkan supaya istri dan semua orang yang menjadi Katolik bersamanya dihukum mati.

Kemudian Catherina juga dijatuhi hukuman mati. Dia diikat ke roda berduri dan ketika roda-roda tersebut rusak, kepalanya kemudian dipenggal.

Menurut ceritera, suara Catherina didengar oleh Santo Joan dari Arc yang menyemangati Joan untuk mempertahankan dan membela imannya di Francis.

Pesta St. Catherina dirayakan pada 25 November

Satu pemikiran pada “Santa Catherina dari Alexandria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s