Santa Gertruda

Santa Gertruda

Gertruda lahir di Eisleben, Saxony. Pada usia lima tahun dia dipercayakan pada pemeliharaan suster-suster Benedictine di biara Rodalsdorf. Kemudian sesudah dewasa ia menjadi suster pada ordo yang sama dan ditempatkan di biara yang sama.

Pada tahun 1251 Gertruda dipilih menjadi pemimpin biara dan pada tahun berikutnya dia ditugaskan menjadi ibu rumah untuk biara di Helfta.

Gertruda memiliki pendidikan yang baik. Dia mengerti Latin dengan baik. Ia menulis lumayan banyak tulisan-tulisan rohani.

Hidup Gertruda tidaklah diisi dengan aksi-aksi spektakuler atau kegiatan-kegiatan luar biasa. Ia hanyalah seorang biarawati di biara tertutup. Hidupnya hanya dipenuhi dengan aktivitas rohani. Cara hidup yang dipenuhi dengan tata harian yang ketat dan mayoritas kegiatan adalah doa dan liturgy.

Gertruda menulis beberapa doa yang kemudian menjadi populer. Lewat tulisan-tulisannya, ia menyebarluaskan devosi kepada Hati Kudus Yesus.

Gertruda terinpirasi banyak oleh misteri Sabda menjadi Daging. Peristiwa Allah menjelma menjadi manusia. Manusia yang adalah Allah ini kemudian rela untuk semakin mengosongkan diri dan menderita disalibkan untuk keselamatan umat manusia. Lebih lagi Gertruda sangat mengagumi misteri Ekaristi, dimana Yesus memberi tubah dan darah-Nya menjadi santapan rohani bagi para pengikut-Nya. Cinta yang mendalam dari Bunda Maria juga menjadi permenungan rohani yang mendalam untuk Gertruda. Dia meninggal pada tahun 1302.

Pestanya dirayakan pada 16 November.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s