Santa Cecilia

Santa Cecilia

Cecilia adalah orang kudus yang sangat terkenal dan termasuk martir yang sangat dicintai dalam tradisi Gereja Katolik. Menurut ceritera, ia adalah gadis Kristen yang sangat cantik, berasal dari keluarga ternama. Ia dipaksa menikah dengan Valerian. Karena kesucian hidupnya, Valerian begitu hormat kepada Cecilia dan menghormati keputusan Cecilia untuk hidup suci. Bahkan Valerian juga terpesona dengan kekristenan yang ditunjukkan oleh Cecilia, karena itu ia kemudian menjadi Kristen dan mati sebagai martir.

Pesta santa Cecilia telah dirayakan oleh Gereja sejak abad ke enam. Nama Cecilia juga terdapat dalam Doa Syukur Agung. Ia adalah seorang martir perawan. Ceritera kematiannya begitu menawan. Cecilia menolak mempersembahkan korban kepada dewa-dewi dan ia sendiri menolak menjadi korban untuk dewa-dewi. Melihat hal tersebut penguasa menjatuhkan hukuman agar Cecilia digiling sampai rata. Tetapi Allah melindungi dia. Alat penggiling yang disiapkan tak berdaya menyentuh tubuh suci Cecilia.  Kemudian penguasa mengubah putusan agar Cecilia dihukum dengan pedang saja. Perajurit mencoba memenggal kepalanya tiga kali, tetapi selalu gagal. Cecilia hanya terluka oleh pedang tajam para perajurit. Cecilia kesakitan dan terjatuh ke tanah penuh dengan lumuran darah. Dia dengan segala luka-luka hasil penyiksaan tetap bertahan hidup sampai tiga hari kemudian. Setelah menerima Komuni, dia menghembuskan nafas terakhir. Ia wafat pada tanggal 16 September 117. Dia dimakamkan di makam St. Callistus.

Cecilia adalah Santa pelindung music Gerejawi. Title in diberi kepadanya  karena ia, pada hari perkawinannya yang dipaksakan tersebut, tidak mendengar music duniawi melainkan music surgawi, di dalam hatinya. Ia dalam hatinya menyanyikan lagu-lagu merdu untuk Allah. Cecilia menjadi symbol bahwa music yang bagus adalah bagian penting dari liturgy Gerejawi.

Pestanya dirayakan pada 22 November.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s