Santa Frances Xavier Cabrini

Santa Frances Xavier Cabrini

Frances lahir pada 15 July 1850 di St. Angelo Lodigiano, Italia. Dia adalah anak bungsu dari tiga belas bersaudara. Orang tuanya bernama Augustine Cabrini, seorang petani, dan ibunya bernama Oldini Cabrini. Dia begitu bercita-cita menjadi suster, tetapi selalu ditolak karena alasan kesehatan. Dia kemudian mengabdikan diri menolong orang tuanya hingga mereka meninggal. Dia bekerja ke kebun bersama saudara-saudaranya.

Suatu waktu Pastor Parokinya, Pastor Seratti, meminta Frances untuk mengambil alih penanganan panti asuhan di Codogno. Pendiri panti asuhan tersebut tidak setuju kalau Frances mengambil alih penganan panti itu. Karena hal tersebut panti akhirnya ditutup. Ketika mendengar permasalahan tersebut Uskup dari Todi campur tangan. Sang Uskup meminta supaya Frances membangun panti asuhan yang baru, demi pelayanan kepada anak-anak terlantar.

Uskup juga meminta dia untuk memulai satu Ordo Missionaris yang dipersembahkan untuk menghormati Hati Kudus Yesus, yang bertujuan memperhatikan pendidikan dan pengasuhan anak-anak miskin dan terlantar. Ordo baru ini juga terlibat aktif dalam pembinaan anak-anak di sekolah-sekolah dan perawatan anak-anak di rumah sakit. Ordo ini mulanya memakai gedung tua bekas biara yang telah lama ditinggalkan.

Frances bercita-cita agar kelak suster-suster dari Ordo ini akan memulai misi ke China. Tetapi sebelum cita-cita tersebut terwujud, Paus meminta dia untuk mengirim suster-suster ke Amerika Serikat. Uskup Corrigan dari New York sangat mendukung usulan Sri Paus tersebut. Ia meminta supaya Frances juga datang ke Amerika Serikat dan bekerja di antara komunitas Italia. Ia pun datang dan menjadi missionaris di USA. Setiap tahun ia kembali ke Italia dan dari Italia dia selalu membawa beberapa orang suster baru untuk bekerja di Amerika. Pulang pergi Amerika – Italia merupakan beban berat bagi Frances, karena ia takut lautan. Namun cinta pada panggilan Allah dan pewartaan kabar gembira mengalahkan rasa takut tersebut.

Ia pada tahun 1909 menjadi warga negara Amerika.

Ia mengembangkan Ordo juga ke Inggris, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Ia mendirikan banyak lembaga-lembaga social di Negara-negara tersebut.

Frances meninggal pada 22 December 1917. Ia dikanonisasi menjadi Santa pada 7 July 1946 oleh Paus Pius XII. Paus yang sama juga mendeklarasikan bahwa St. Frances adalah Santa pelidung para immigrants di seluruh dunia.

Dia adalah warga Negara Amerika pertama yang menjadi orang kudus.

Pestanya dirayakan oleh sebagian daerah pada 22 December (pesta yang lebih traditional) dan menurut penanggalan yang baru pestanya dirayakan pada 13 November.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s