Santa Angela Merici

Santa Angela Merici

Santa Angela adalah anggota Ordo Ketiga Franciscan. Dia lahir pada 21 Maret 1470 di Disenzone, Lombardy, Italia. Dia menjadi yatim sejak usia sepuluh tahun. Dia dan saudarinya kemudian diasuh oleh paman mereka yang dengan cinta membesarkan mereka. Saudarinya satu-satunya tiba-tiba meninggal dunia tanpa sempat menerima sakramen pengurapan orang sakit. Peristiwa ini membuat Angela sedikit tertekan.

Pada usia empat belas tahun Angela memilih masuk Ordo Ketiga Franciscan. Ia berdoa dengan sungguh-sungguh agar Allah berbelaskasih terhadap saudarinya yang telah meninggal tersebut. Pada suatu ketika ia mengalami suatu penampakan. Dalam penampakan tersebut Allah memberitahu dia bahwa tak lama lagi Angela akan menjadi “penolong” untuk banyak wanita. Ia akan membawa wanita-wanita tersebut ke dalam pelayanan pada Allah.

Ketika Angela berusia dua puluh tahun, paman tercintanya meninggal dunia. Ia kembali ke Disenzone dan mengubah rumah peninggalan keluarga menjadi sekolah untuk gadis-gadis yang mau belajar agama. Ia kemudian mendirikan sekolah kedua di Brescia. Vision yang ia alami tak lama sebelumnya tampaknya mulai menjadi kenyataan.

Pada tahun 1524, dia mengadakan jiarah ke Tanah Suci. Dalam perjalanan ia mengalami “kebutaan”, tepatnya di Crete. Setelah ziarah selesai “dalam kebutaan” dia kembali Crete dan dalam doa yang sungguh dalam ia kemudian memperoleh kembali “penglihatan” yang sempat hilang. Allah memberinya mukzizat.

Tahun berikutnya ia pergi ke Roma untuk bertemu Bapa Suci Paus Clement VII. Bapa Suci meminta dia untuk menetap di Roma, tetapi Angela menghendaki kembali ke Brescia untuk melanjutkan kerja yang sudah sempat ia mulai.

Pada 25 November 1535 Angela memulai Ordo Ursulines “the cooperative of St. Ursula”. Anggota Ordo baru ini awalnya hidup di rumah mereka masing-masing. Mereka secara teratur bertemu untuk belajar dan berdoa serta melaksanakan tugas harian masing-masing. Mereka mau agar Kristus dibawa ke “jantung” keluarga. Mereka juga sangat active mengajar agama kepada anak-anak miskin. Ordo baru ini kemudian berkomunitas di rumah kecil dekat Gereja St. Afra di Brescia. Angela menjadi pemimpin selama lima tahun.

Pada 27 January 1540, Angela meninggal dunia. Dia dimakamkan di dalam Gereja St. Afra. Ordo yang dia dirikan mendapat pengesahan dari Tahta Suci empat tahun setelah kematiannya, yakni pada tahun 1544. St. Angela adalah Santa Pelindung untuk guru-guru yang membaktikan diri mengajar kaum muda.

Pestanya dirayakan pada 27 January.

4 pemikiran pada “Santa Angela Merici

  1. saya minta riwayat hidup santa Angela kerena saya mau susun sikripsi tentang santa angela

  2. saya mau tanya kenapa pestanya santa angela diperingati di hari kematiannya? tidak di hari lahirnya?

    1. Orang Kudus dirayakan pestanya pd hari kematiannya. Karena semua ujian dalam kehidupan telah dilalui dengan baik dan berhasil. Pada hari mati orang kudus tersebut ialah hari kemenangannya melawan semua godaan hidup ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s