Advent

Masa Advent

Masa Advent segera datang.

Masa Advent adalah masa liturgy dan ascese sekitar empat pekan untuk mempersiapkan natal, kedatang Kristus yang keduakalinya dan kelahiran Kristus secara rohani dalam hati semua orang beriman.

Dalam tradisi Gereja Katolik masa Advent mulai pada hari Minggu terdekat dengan pesta St. Andreas (30 Nov). Tradisi ini kemungkinan berawal dari abad ke sembilan.

Minggu pertama Advent merupakan awal dari tahun baru liturgi Gereja.

Asal-usul perayaan ini tidak terlalu jelas. Mungkin berasal dari salah satu tradisi di Spanyol, yang telah merayakan Pesta Epiphany sejak abad keempat. Perayaan Epiphany tersebut selalu didahului dengan suatu persiapan yang bersifat ascetis, sekitar 3-6 pekan.

Perayaan yang sudah menjadi tradisi di Spanyol tersebut berkembang ke berbagai wilayah dan pada abad keenam perayaan yang kurang lebih sama dirayakan juga di Roma. Hanya perayaan di Roma lebih terfocus pada Natal dan bukan pada Epiphany.

Paus Gregorius I mengembangkan ritus perayaan tersebut, bukan hanya terfocus pada Natal tetapi juga mengarah pada persiapan menyambut kedatangan Kristus yang keduakalinya.

Gereja di sekitar Spanyol kemudian mengadopsi perayaan “baru” tersebut ke dalam liturgy mereka, khususnya persiapan menyongsong kedatangan Kristus yang keduakalinya.

Sejak itu Advent menjadi perayaan “universal” Gereja dan sifatnya bukan hanya untuk persiapan Natal tetapi juga mempersiapkan umat menyongsong hari kedatangan Kristus yang keduakalinya. Advent menjadi satu perayaan dengan tiga thema, yang satu peringatan akan masa lampau – yakni kelahiran Kristus, dan yang kedua tetarah ke masa depan – yakni persiapan menyongsong kedatangan Kristus yang keduakalinya. Thema yang ketiga ialah kelahiran Kristus secara rohani dalam hati masing-masing umat Kristen.Thema ketiga ini selalu menjadi perayaan “kini dan di sini”.

Ketiga thema ini sudah diterima hampir oleh semua kaum Kristen sejak abad keduabelas.

Setelah masa Advent kemudian Gereja merayakan Natal, dan bukan bersamaan. Natal dirayakan pada 25 December. Ini merupakan tradisi luhur Kristen dan mengikuti tradisi luhur adalah salah satu keutamaan Kristiani.

Pada halaman diskusi ada pertanyaan seputar Advent dan Natal. Anda boleh menanggapi.

2 pemikiran pada “Advent

  1. Apakah kata “ascese” diatas ada hubungan dengan kata”ascetis”?. Apakah arinya sama dengan semacam cara hidup pertapa atau populer dengan semadi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s