Pekan Pertama Advent; Jumat

Pekan Pertama Advent

Jumat

Injil Matius 9:27-31

 Saya melihat sesuatu yang manarik dari Injil hari ini yakni Yesus tidak memberi jawaban kepada orang buta tersebut ketika mereka berteriak kepada-Nya dikeramaian. Juga, Yesus tidak memberi jawaban kepada mereka sementara dalam perjalanan dan di tengah keramaian. Tampaknya Yesus ingin memastikan bahwa teriakan mereka bukanlah teriakan orang yang ikut-ikutan, pengandaian ini datang ke benak saya mengingat istilah yang mereka pakai ialah “Yesus anak Daud“. Istilah ini biasanya dipakai oleh orang ramai atau orang yang berteriak dari keramaian atau orang yang mengenal Yesus dari “jauh” (cf. Matius 15:22, Matius 20:30, Markus 10:47, Markus 12:35-37).

Orang buta tersebut harus datang pada Yesus secara pribadi dan ke dalam rumah. Di sini Yesus kemudian memberi tanggapan pada mereka. Proses penyembuhan terjadi setelah orang buta tersebut mengungkapkan imanya secara personal.

Dear all, ini tampaknya menjadi pesan yang baik untuk kita bersama. Pada akhirnya iman pada Yesus sangat ditentukan oleh relasi personal dengan Yesus. Pertemuan pribadi dengan Yesus, mengalami Yesus secara pribadi, menjadi kunci yang sangat menentukan. Kwalitas iman akan berdasar di sini. Memang kita bisa bersama-sama di Gereja atau di kelompok doa, tetapi pada akhirnya kita harus kembali ke dalam diri dan berinteraksi dengan Yesus dalam kesendirian.

Hal berikut yang menarik diamati ialah sering ketika selesai mengadakan mukzizat Yesus mengingatkan supaya kerahasiaan peritiwa tersebut dijaga, “…Yesus pun dengan tegas berpesan kepeda mereka, kata-Nya: ‘Jagalah supaya jangan seorangpun mengetahui hal ini”. Apakah ini juga berlaku untuk para penyembuh sekarang??? Nampaknya kebalikannya yang terjadi. Mereka sendiri mengklaim telah menyembuhkan sianu, siani, siana, siono, sieni,siine, dll. Puji Tuhan kalau itu benar, semoga semakin banyak orang yang percaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s