Pekan Kedua Advent: Sabtu

Injil Matius 17: 10-13

Dalam Injil hari ini secara jelas dilukiskan kepercayaan orang Yahudi bahwa sebelum Mesias datang nabi Elia akan datang duluan untuk mempersiapkan jalan (cf. Malchi 4:5-6). Mereka percaya nabi Elia akan mereformasi tata social yang ada secara drastis dan luar biasa. Nabi Elia akan menghancurkan semua kejahatan dan membangun peradapan baru. Dengan demikian dunia layak menerima kedatangan Mesias.

Yesus membenarkan bahwa memang kepercayaan akan kedatangan Elia untuk mempersiapkan jalan benar adanya. Elia sudah datang, bahkan lebih besar dari Elia. Hanya orang Yahudi tidak mengenal dia, sebab Yohanes datang bukan seperti yang mereka bayangkan. Benar bahwa Yohanes membangun peradapan baru, tetapi bukan dengan menghancurkan kejahatan melainkan dengan panggilan pada pertobatan.

Ketidak-kenalan mereka pada figur Yohanes (sebagai Elia) yang mempersiapkan jalan bagi Mesias berdampak pada ketidak-kenalan mereka pada Yesus – Sang Mesias. Yesus datang bukan dengan bala tentara dan kekuasaan dunia melainkan dengan cinta dan pemberian diri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s