21 December

Advent 21 December

Injil Lukas 1: 39-45

 Ada beberapa bahan permenungan yang menarik dari Injil hari ini. Pertama, diceriterakan ada dua wanita yang sama-sama sedang menantikan anak pertama mereka. Yang satu wanita yang sudah berumur dan anak yang akan dilahirkannya akan menutup perjanjian lama. Wanita yang berikut masih muda dan anak yang akan dilahirkannya akan membuka perjanjian baru dan menyempurnakannya.

K edua anak  yang akan dilahirkan tersebut sudah saling mengenal sejak dari kandungan. Putera Elisabeth mengenal siapa Yesus, meski ia sendiri belum lahir. Ia melonjak di rahim ibunya ketika ia mendengar salam dari Ibu Yesus. Di antara mereka banyak persamaan tetapi banyak juga perbedaan. Yesus jelas jauh lebih besar dari Yohanes. Ia adalah Tuhan.

Kunjungan Maria ke rumah Elisabeth menghubungkan kisah kabar gembira yang diterima oleh Zakharias dan Maria tentang kelahiran anak-anak mereka dengan kisah kelahiran kedua anak tersebut.

Dalam kunjungan tersebut dilukiskan dengan jelas bahwa Elisabeth tahu dengan jelas siapa Maria (bukan dalam relasi kekeluargaan yang memang ada) tetapi dalam relasi “Ibu Tuhanku”, relasi yang baru. Elisabeth memuji Maria karena dua hal; Maria dipilih oleh Allah untuk menjadi Ibu Yesus, yang adalah Tuhan dan juru selamat dan Maria dipuji oleh Elisabeth karena Maria percaya pada sabda Allah.

Ceritera Natal juga berarti bahwa kepada kita ditunjukkan siapa Allah. Dengan kelahiran Yesus kita mengenal Allah yang sebenarnya, tanpa bayang-bayang dan tanpa kabut, semua menjadi jelas. Pernyataan Elisabeth tersebut mewakili pernyataan kita “Ibu Tuhanku”. Intinya bukan pada Maria tetapi pada Yesus yang adalah Tuhan. Dengan mengenali Yesus kita mengenal Allah Bapa.

Untuk mengenal Yesus, kita mesti mengenal Kitab Suci. Seperti Santo Hieronimus (St. Jerome) berkata “Ignoratia scriptura, ignoratia Christi est”. Yang berarti “Yang tidak mengenal Kitab Suci, tidak mengenal Kristus”.

Selamat bermenung dan mempersiapkan diri menyambut kelahiran Yesus dalam diri kita masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s