Kamu Semua Adalah Saudara

Matius 23: 8-12 

Injil ini adalah “pilihan lain” dari Injil hari biasa, sebab hari ini Gereja memperingati perayaan St. Thomas Aquinas (tentang St. Thomas, silahkan baca riwayat singkat St. Thomas pada kategori orang kudus).

Ketika saya membaca Injil ini muncul dalam benak saya satu perbandingan, yakni model sekolah. Rasanya Injil hari ini memiliki model yang berbeda dengan model yang terdapat di sekolah. Di sekolah dengan jelas ada kelas, ada kelas pemula dan kemudian kelas senior. Di sekolah juga ada murid dan ada guru. Sementara dalam bacaan hari ini Yesus mengatakan supaya pengikut-Nya jangan mau dipanggil guru, sebab hanya ada satu guru yaitu Yesus Kristus sendiri. Juga Yesus melarang supaya para pengikut-Nya jangan mau dipanggil bapa, sebab hanya ada satu Bapa, yaitu Allah di surga.

Mungkin kita bertanya kenapa? Saya yakin bahwa Yesus sungguh mau para pengikut-Nya tidak sekedar berbeda dari agama lama, tetapi juga lebih baik dari agama lama. Yesus mau para pengikut-Nya berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, sederajat sebagai anak-anak Allah. Yesus mau para pengikut-Nya menjadi saudara dan saudari dengan yang lain. Menjadi saudara dan saudari mengandung arti bahwa kita dipanggil untuk hidup “equal” dan solider.

Kemudian dengan larangan itu Yesus juga menghendaki agar para pengikut-Nya tidak mencari kekuasaan dunia atau kehormatan dunia, seperti ahli taurat dan kaum pharisi, melainkan focus pada pemuliaan Allah. Pemuliaan Allah akan terjadi kalau para pengikut Yesus focus pada pelayan terhadap saudara dan saudarinya.

Dengan larangan ini Yesus mau mengingatkan para pengikut-Nya akan “shema”: “Listen Israel, the Lord is your God, the Lord is one”.  Yesus mewanti-wanti supaya kita tidak menjadikan orang lain atau diri kita sendiri saingan Allah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s