Beritahukanlah kepada orang-orang segala sesuatu yang telah diperbuat Tuhan atasmu.

Markus 5: 1-20

 

Bacaan Injil hari termasuk panjang sekali. Dikisahkan oleh Injil bahwa seorang yang kerasukan banyak setan “berhadap-hadapan” dengan Yesus. Orang tersebut sudah tak terkontrol oleh siapapun. Kekuatan setan membuat dia begitu “berbahaya” dan begitu “sulit dikontrol”. Namun ketika orang itu melihat Yesus, ia “tak berdaya” dan langsung “menyerah”. Dengan kisah ini ditegaskan kepada kita betapa dasyatnya Yesus, begitu super powernya Yesus, begitu luar biasanya Yesus. Tak ada yang dapat menandingi Yesus. Sesuatu yang “tak mungkin” untuk Yesus dan dalam nama Yesus menjadi mungkin.

Kemudian menarik sekali merenungkan “peristiwa” terakhir dalam episode penyembuhan tersebut. Orang yang disembuhkan itu meminta kepada Yesus supaya ia bisa mengikuti Yesus. Namun Yesus meminta dia untuk kembali ke familynya dan ke daerah asalnya. Yesus meminta orang tersebut memberitahu kepada family dan orang sedaerahnya begitu besarnya perbuatan baik yang telah Allah lakukan di dalam hidupnya. Yesus meminta orang tersebut memberi kesaksian bahwa Allah maha dasyat dan bahwa Allah sanggup mengubah hidup.

Saudara dan saudari, ketika memberi renungan dalam Misa harian tadi pagi saya katakana bahwa kehadiran kita semua di Gereja secara rutin sangatlah penting untuk menguatkan iman kita. Kehadiran kita bersama untuk memuliakan Tuhan begitu penting artinya. Sejalan dengan itu mewartakan kepada keluarga dan kerabat bahwa kita “dikuatkan” setelah kita menghadiri perayaan Ekaristi juga begitu penting artinya. Memberi kesaksian kepada orang lain bahwa kita disembuhkan dengan kuat kuasa Allah setelah kita menerima Sakramen juga begitu penting artinya. Yesus meminta kita semua untuk pergi kepada keluarga dan kenalan kita serta memberi kesaksian bahwa begitu besar kasih Allah dalam hidup kita. Mari kita mulai lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s