Gambar Surga

Bagaimana Hidup Sesudah Kematian

Renungan Hari Rabu 4 Juni 2008

2 Tim 1:1-3,6-12 & Markus 12:18-27

 

Saudara dan Saudari, kalau kita baca Injil Markus, kaum Saduki hanya muncul dalam Injil yang kit abaca hari ini. Kaum Saduki berbeda dengan kaum Farisi. Kaum Saduki bukanlah kelompok yang besar. Mereka ini kalangan aristocrat dan kelompok yang kaya. Di dalam kelompok ini biasanya tergabung para imam dan imam-imam kepala.

Kaum Saduki hanya percaya dan mengikuti Kitab yang tertulis, khususnya Hukum Musa. Mereka tak percaya dengan tradisi-tradisi lisan, hukum-hukum lisan. Mereka juga tak percaya dengan kekekalan, juga roh-roh dan malaikat.

Dengan latar belakang sederhana ini kita bisa mengerti mengapa mereka mengajukan pertanyaan tentang kebangkitan pada Yesus. Mereka mengajukan “argument” yang didasarkan pada Kitab Ulangan 25:5-10. Dengan dasar demikian mereka berkeyakinan bahwa tak masuk akal ada kebangkitan. Dalam bayangan mereka itu bertentangan dengan hukum Musa.

Saudara dan Saudari, ketika manusia melukiskan surga dengan lukisan yang terlalu duniawi, maka ide kebangkitan sesudah kematian tampaknya omong kosong belaka. Ketika kita berpikir tentang surga dan kita bertanya apakah di surga ada David Jones atau bolehkah saya menonton movies yang paling populer di sana, maka kita telah mencipta surga yang duniawi. Kesalahan yang demikian terjadi sejak dahulu. Misalnya kalau kita tanya orang yang menganut salah satu agama monoteis yang umatnya mayorits di Indonesia, maka mereka akan mengatakan bahwa surga itu adalah tempat di mana laki-laki (mungkin perempuan tak dihitung) akan mengalami kesenangan seksual dan badaniah yang tak terlukiskan. Kalau kita tanya orang-orang Yahudi yang orthodok, mereka akan katakan surga itu adalah tempat di mana tak ada lagi lautan. Sebab orang Yahudi benci pada laut. Kalau Anda tanya orang Viking, maka mereka akan mengatakan surga itu adalah tempat di mana mereka bisa bertempur tiap hari. Kalau mereka mati terbunuh dalam pertempuran maka pada malam hari mereka akan bangkit kembali dan bisa bertempur esok harinya.

Saudara dan Saudari, demikian banyak gambaran tentang surga yang terlalu duniawi. Gabaran yang demikian biasanya didasarkan pada cara hidup harian. Tak heran kalau agama tertentu membolehkan laki-laki menikah berkali-kali dalam waktu yang sama.

Dalam Injil hari ini Yesus menerangkan bahwa kehidupan sesudah kebangkitan akan berbeda dari kehidupan yang sekarang. Orang-orang bangkit akan menjadi seperti Malaikat dan hal-hal fisik sekarang tak lagi menjadi kasus dalam hidup yang akan datang. Di sana tak ada lagi kawin dan mengawinkan, tak ada lagi rasa lapar dan haus. Yang ada ialah kebahagiaan yang tiada taranya karena boleh mengalami kemuliaan Allah (bagi yang masuk surga) dan kesengsaraan yang tiada taranya (bagi yang tak masuk surga).

Rasul Paulus dalam suratnya yang kedua kepada Jemaat di Korintus 2: 9 melukiskan hal tersebut dengan indah. Ia menulis “What no eye has seen, no ear heard, nor the heart of man conceived, what God has prepared for those who love him”. Jadi Saudara dan Saudari, kehidupan dalam surga akan jauh lebih membahagiakan dan menyenangkan dari segala lukisan yang bisa kita buat di dunia ini. Don’t miss out.   

10 pemikiran pada “Gambar Surga

  1. boleh di bilang ga’ tw diri kalo aku berharap bisa msk surga, tp ak berharap Tuhan mw mengampuni dosa2 yg telah ku perbuat, smoga sluruh pengikut kristus yg setia mendapat tempat di surga.

  2. saya begitu senang dengan adanya situs atau semacamnya about : surga:
    saya begitu suka.

    salam dari kotamobagu.
    god bless you

  3. aku bangga jd pngikut Kristus, dan aku percaya Tuhan Yesus dgn kasihNya akan mengmpuni dosa2ku dan membawaku ke Surga

  4. surga itu indah… tp satu pertanyaan yg sllu mncul dlm benakku…mngkinkh saya bs mask ksn?

  5. Yes..benar…mulai saat ini ketika engkau ingin masuk surga ….berbuatlah..selalu untuk menyenangkan hati Jesus…dengan sungguh2…pasti surga menanti kedatanganmu…ketika engkau selesai mengembara di dunia ini….Julia…

  6. surga itu adalah tempat terindah…….dan Tuhan Yesus pasti akan membawa siapapun yang percaya kepadanya………. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s