Yang Terurapi

Renungan hari Jumat 6 Juni 2008

2 Tim 3:10-17 & Markus 12:35-37

 

Saudara dan Saudari, Injil hari ini agak sulit dimengerti. Yesus berkata: “How can the scribes maintain that the Christ is the son of David?” Kalau kita baca silsilah Yesus yang terdapat dalam Injil Lukas dan Mateus maka kita menemukan bahwa Yesus memang benar berasal dari keturunan David. Juga kalau kita baca Injil, kita akan sering menemukan gelar “Putera Daud” dikenakan pada Yesus. Bahkan gelar ini merupakan salah satu gelar Yesus yang paling populer, dan biasanya gelar ini diteriakkan orang dari keramaian.

Saudara dan Saudari, apa sebenarnya yang mau dikatakan oleh Yesus ketika Ia berkata: “How can the scribes maintain that the Christ is the son of David?” Yesus sama sekali tidak bermaksud membantah bahwa Ia berasal dari keturunan Daud. Ia juga tidak bermaksud mengatakan bahwa Ia bukanlah “Putera Daud”. Yesus mau mengatakan bahwa Ia ialah Putera Daud dan lebih dari itu Ia ialah Tuhan dari Daud.

Jadi Yesus mau mengatakan bahwa gelar Putera Daud yang biasa dipakai oleh para pengikut-Nya dan pengertian mereka akan hal tersebut tidaklah memadai. Mereka memakai gelar itu dalam konteks duniawi. Mereka terlalu berpikir tentang kerajaan dunia seperti kerajaan Daud. Yesus ingin mengubah konsep orang-orang atas gelar tersebut. Yesus mau supaya mereka mengerti diri-Nya dan mengimani diri-Nya sebagai Mesias yang adalah Putera Allah dan Ia ingin mendirikan kerajaan Allah. Ia datang untuk membawa dan menunjukkan cinta Allah pada manusia. Ia datang untuk menunjukkan jalan bagi manusia agar bisa kembali pada Allah.

Saudara dan Saudari, siapa Yesus untuk kita? Siapa Yesus untuk Anda? Pertemuan pribadi dan pengalaman pribadi akan Yesus sangat penting. Ikut beribadah dalam keramaian penting, tetapi beribadah dalam keramaian dengan pengalaman iman yang personal akan menghasilkan buah yang lebih. Teriakan orang dari keramaian tanda bahwa hubungan dengan Yesus masih “berjarak” lumayan jauh. Teriakan dari “keheningan” hati menunjuk bahwa Yesus dekat dan kita akrab dengan Yesus. Selamat bermenung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s