Rumah Adat Batak Toba

 

Ini adalah gambar rumah adat Batak Toba.

19 pemikiran pada “Rumah Adat Batak Toba

  1. saya sangat terkesan oleh adat istiadat Batak Toba samosir.Kebudayaan yang sangat tutun temurun yang harus terus di paertahankan .Horas

  2. Saya senang menjadi orang batak..boleh gak saya minta gambar konstruksi rumah batak toba,,karna saya mau membantu mendesain gereja yang di kombinasikan dengan rumah adat batak toba..kalau bisa gambar detailnya atap rumah adat toba..tolong saya karna ini tuntuk gereja saya yang berada di batu 12 dolok masihul.terima kasih

  3. utk sdr. Baik Parningotan, kalau mau bangun Gereja Inkulturatif Batak, Anda bisa belajar & melihatnya di Pangururan – Samosir. Di sana ada Gereja Katolik dengan bentuk rumah Adat Toba. Atau kalau mau Rumah Adat Simalungun, ada juga di Paroki Saribudolok. Rumah Adat Karo Ada di Berastagi. Thanks.

  4. Saya sebagai orang Batak sangat begitu bangga, dan saya mewujudkan kebanggaan itu dengan selalu belajar dan belajar tentang adat Batak dan alhasilnya dalam usia 30 tahun saya sudah dapat melaksanakan sebagai protokol dan juga sebagai parsinabung dalam pesta perkawinan adat Batak khususnya dalam keluarga PATOGAR SEJABODETABEK

  5. Sya skrng sudah jarang orang melihat rumah ya panggung pa, mungkin mereka udah lupa adat istiadat zaman nenek moyang duolu, atau mereka kepingin rumah mereka modern dan agak ikut zaman modern kali, saya pengen masyarakat kota medan dan kabupaten serta kecamaten untuk melesariklaaaan adat istiadata, bahasa dan tradisi yang baik untuk dibanggakan

  6. namun sayang sudah langka rmh bolon yang asli,dulu rmh batak itu tidak memakai paku tetapi memakai hotang(rotan) sebagai pengikatnya, Zaman modern sekarang jarang orang mampu membangun rumah bolon yang persis seperti buatan oppung kita.Namun di siahaan balian pangururan masih ada 3 rumah batak yang 80 persen pure,silahkan kunjungi.

  7. salam,
    saya tertarik dengan info tentang gereja Katolik Pangururan, adakah yang pernah kesana dan memiliki foto bagian dalam (interior) gereja tersebut? karena setelah sekian lama yg saya dapatkan hanya sebatas foto tampak luarnya (arsitekturnya) saja. Terima kasih sebelumnya. Gbu all🙂

  8. mantap nai ateh,

    terkadang saya berpikir,
    orang batak jaman dahulu sudah mampu/memiliki ilmu yang begitu mantap,

    lalu dari generasi berikutnya, sudah adakah yang kita perbuat untuk dapat diingat oleh 10 atau 100 generasi ke depan?

    kayaknya koq belum ada yah?

    lucu juga yah, ternyata seluruh dunia mengalami hal yang sama….

    salam

  9. Denggan nai molo marsada Pomparan Ni Ompui, sada diParrohaon, Sada DiPamikkiron, Sada Diulaon Tarlumobi molo Sada Disitaonon dht Pambaenan. Anggiat dapot sada Pengharapan laho Paturehon huhut membentuk Sada Wilayah baru stok na leleng gabe sada Propinsi ima : Propinsi TAPAULI / TAPANULI

  10. Tu Sude hita halak Batak….. marsada ma hita laho mangalo (mengganyang) Malaysia naung terang2an meng kleim “Tor-tor” budaya ni nasida. Bolanda taalo dohot bambu runcing…. malaysia tamintophon dohot Tangiang “Ale Ama Nami na di Banua Ginjang”

Tinggalkan Balasan

