Jangan Buat Wanita Marah??

Raja Herodes mengambil istri dari saudaranya Philip. Istri Filipus bernama Herodias. Melihat kenyataan ini Yohanes menegur Herodes. Injil hari ini (Markus 6:17-29) menggambarkan kisah pembunuhan Yohanes Pembaptis oleh Herodes. Kematian yang tragis.

Yohanes tahu bahwa dengan menikahi istri dari saudaranya sendiri, Herodes telah melanggar hukum agama Yahudi yang tertulis dalam kitab Imamat 18:16 dan Imamat 20:21. Pastilah dibuthkan keberanian khusus untuk menegur seorang raja yang berkuasa sekali. Yohanes memiliki keberanian tersebut. Ia tak mau berdiam diri ketika melihat dosa dan ketidakadilan terjadi. Ia selalu mau menyuarakan kebenaran, meski untuk itu ia harus bayar mahal.

Saudara dan saudari, ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari Injil hari ini. Yang pertama mari kita melihat Raja Herodes. Ia adalah contoh orang yang “berperang” dengan diri sendiri. Ia membenci Yohanes tetapi pada waktu yang sama ia cinta dengan Yohanes. Ia merasa terombang-ambing ketika mendengar Yohanes berkotbah, tetapi pada waktu yang sama ia juga begitu suka mendengar kotbah Yohanes. Lagu yang berbunyi “I hate you but I love you” mungkin sedikit menerangkan perasaan raja Herodes terhadap Yohanes. Apa hubungannya dengan kita?? Sering terjadi kita begitu menikmati indah dan damainya perayaan liturgy di Gereja. Kita begitu terpesona dengan kegiatan memuji Allah. Tetapi pada waktu yang sama kita merancang melakukan sesuatu yang sungguh bertentangan dengan apa yang dikehendaki Allah. Kita berusaha untuk hidup kudus, tetapi pada waktu yang sama kita berkubang dalam dosa.

Herodes juga merupakan contoh manusia yang terlalu mudah membuat janji. Mungkin saja ia sedang mabuk karena minum anggur, sehingga ia menjanjikan kepada puteri angkatnya akan memberi apa saja yang ia minta. Ia tak hati-hati menggunakan kata-kata. Injil hari ini menasehati kita untuk berpikir sebelum mengatakan sesuatu. Kita diingatkan untuk mengetahui semua yang akan kita katakan dan bukan mengatakan semua yang kita ketahui. Pepatah “mulutmu adalah harimaumu” mungkin membantu untuk mengerti pesan Injil ini.

Herodes juga termassuk orang yang begitu takut akan apa kata orang. Ia tahu bahwa ia tak boleh membunuh Yohanes Pembatis. Dan ia sendiri tak ingin membunuh Yohanes, tetapi karena rasa malu dan takut akan apa kata orang maka ia mengorbankan Yohanes Pembaptis. Ia tak berani mengatakan kebenaran karena takut akan apa kata orang. Mungkin sudah menjadi rahasia umum, kalau di negeri kita tercinta, mengatakan kebenaran bisa berarti “kehilangan kerja”, menolak korupsi bisa berarti “tak pernah naik jabatan”, mengkritik penguasa berarti “masuk penjara”, dll. Sering terjadi orang menjadi diam dan tak berani mengungkapkan kebenaran karena takut “apa kata orang”. Injil ini mengingatkan kita bahwa orang Kristen yang sejati akan selalu berusaha menyuarakan kebenaran, meski harus dibayar mahal.

Sekarang mari kita melihat sosok Herodias. Herodias mengingatkan kita untuk hati-hati terhadap wanita. Wanita adalah mahluk ciptaan Tuhan yang paling indah, kalau wanita tersebut wanita yang baik. Wanita juga bisa menjadi mahluk ciptaan Tuhan yang paling berbahaya kalau wanita itu menjadi wanita yang tak baik. Lihat apa yang dilakukan Herodias untuk membalas dendam. Kejam bukan main. Untuk itu, untuk para laki-laki, hati-hati terhadap wanita. Sedapat mungkin jangan menyakiti hati mereka.

Yohanes adalah pribadi yang berdiri untuk membela yang benar. Ia tak takut menyuarakan yang benar. Ia tahu ia diutus untuk mewartakan kebenaran yakni Yesus sendiri. Ia selalu mengajak orang untuk semakin dekat dengan Yesus dan mempersiapkan diri untuk menyongsong Yesus Kristus untuk meraja di hati masing-masing.

Selamat merenung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s