Apa yang menjadikan manusia Najis?

Markus 7: 14- 23
Renungan

Di dalam Injil ini Yesus mengatakan “Nothing that goes into a man from outside can make him unclean: it is things that come out of a man that make him unclean.”
Yesus mendeklarasikan bahwa tak ada yang masuk ke dalam diri seseorang yang membuat seseorang itu menjadi najis, sebab hal-hal yang datang dari luar ke dalam dirinya akan keluar secara alami, lewat proses alami.
Ketika Yesus mengatakan hal ini, tak seorang pun Yahudi mempercayai itu dan tak banyak yang kemudian mempercayai itu. Kitab Imamat 11 mengurutkan daftar binatang yang haram dan yang tak boleh dimakan. Orang Yahudi mempercayai dan menjalankan larangan tersebut dengan serius. Kita bisa membaca Kitab Makabe, kalau kita ingin mengetahui bagaimana seriusnya orang Yahudi dengan larangan itu. Menurut Kitab Makabe (1 Makabe 1:62-63) orang Yahudi lebih memilih mati demi kemurnian agama daripada harus memakan daging binatang haram.
Saudara dan saudari yang terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, dalam kenyataan yang seperti ini Yesus mengatakan bahwa tak ada sesuatupn yang masuk kedalam diri seseorang (karena dimakan) yang menjadikan orang tersebut najis. Yesus dengan kaliat singkat tersebut “membersihkan” ajaran yang untuknya banyak orang Yahudi bersedia menderita dan bahkan mati. Karena itu tak mengherankan kalau para rasul kagum mendengar pengajaran tersebut.
Saudara dan saudari, ketika kita membaca Injil ini dengan hati-hati dan teliti, kita menemukan bahwa perkataan Yesus tersebut bisa juga berarti bahwa “sesuatu” tak dapat dikatakan haram atau tidak, hanya manusia yang bisa menjadi najis dan apa yang membuat manusia menjadi najis ialah tindakan manusia itu sendiri dan bukan apa yang ia konsumsi. Tindakan manusia adalah hasil pilihan bebas yang ia buat di dalam hatinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s