Orang Farisi Meminta Tanda

Markus 8: 11-13
Renungan

Pada zaman Yesus hidup ada sesuatu “perasaan aneh” yang dialami oleh penduduk dunia. Setiap orang seakan sedang menanti Mesias yang dijanjikan. Setiap orang seperti merasa ada kekuatan “tertentu” yang sedang hadir di dunia. Perasaan demikian dialami juga oleh orang-orang Farisi. Karena itu ketika mereka melihat dan mendengar Yesus melakukan sesuatu yang begitu dasyat, mereka meminta Yesus untuk membuktikan di hadapan mereka “kedasyatan-Nya”. Mereka meminta tanda untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias yang dinanti-nanti.
Tendency demikian berlaku secara umum pada zaman Yesus. Orang-orang mencari Allah yang mampu membuat sesuatu yang “tak lazim”. Orang-orang Yahudi percaya kalau Mesias yang mereka nanti-nanti telah datang maka sesuatu yang sungguh “tak bisa dibayangkan” akan terjadi.
Tanda yang demikinlah yang diminta orang Farisi dari Yesus, tanda “yang luar biasa”. Untuk Yesus permintaan mereka ini sama sekali bukan menunjukkan bahwa mereka ingin melihat kuat kuasa Allah, tetapi lebih-lebih karena mereka tak mampu melihat kuat kuasa Allah yang telah Allah nampakkan dalam kejadian-kejadian hidup sehari-hari. Untuk Yesus, dunia telah dipenuhi dengan tanda dan Allah. Yesus sama sekali tidak berpikir bahwa Allah masih perlu membuat tanda luar biasa berikut yang diluar kemampuan manusia mencernanya atau yang membuat semua orang kagum bukan main. Yesus tahu dengan pasti bahwa Allah telah membuat tanda di dunia dan itu telah dilihat oleh orang yang memiliki mata untuk melihatnya.
Saudara dan saudari, untuk kita yang memiliki mata untuk mengagumi karya-karya Allah dan yang mempunyai hati untuk merasakan betapa dasyatnya Allah, kejadian-kejadian “luar biasa” sehari-hari kiranya cukup untuk menunjukkan begitu berkuasanya Allah. Malam yang kita lalui dengan tidur dan siang yang kita lalui dengan kerja adalah tanda dari Allah bahwa Allah begitu memperhatikan dan melindungi kita. Dan tanda terbesar yang Allah berikan pada kita ialah kebangkitan Yesus dari antara orang mati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s