Bersama Yesus = Bahagia

Matius 9: 14-15
Renungan
Ketika murid-murid Yohanes datang pada Yesus dan bertanya kenapa mereka dan kaum Farisi berpuasa, sementara murid-murid Yesus tidak berpuasa, Yesus memberi gambaran yang sungguh “sederhana” dan sangat mudah dimengerti oleh orang Yahudi pada umumnya. Yesus mengatakan bahwa tak mungkin sahabat mempelai laki-laki berpuasa ketika mempelai itu masih bersama-sama dengan mereka.
Apa yang hendak dikatakan? Dengan gambaran ini Yesus hendak mengatakan bahwa dalam budaya Yahudi, ketika orang menikah, maka akan ada perayaan selama sepekan. Pada saat perayaan itu, semua tamu bebas dari hukum puasa. Mereka diharapkan bersuka ria dan bukan bersedih. Mereka diharapkan menikmati kesenangan dan bukan berpuasa.
Dengan gambaran ini Yesus hendak menyamakan diri-Nya dengan mempelai laki-laki. Maka selama diri-Nya masih bersama-sama dengan murid-murid, sangatlah sulit bagi para murid untuk berpuasa, sebab mempelai masih bersama-sama dengan mereka. Dengan gambaran ini mau dikatakan bahwa bersama Yesus selalu membahagiakan. Ketika kita bersama dengan Yesus semua akan menjadi sumber kebahagiaan. Yesus membuat kita bahagia. Orang yang berjalan bersama Yesus akan berbahagia.
Namun Yesus juga mengingatkan bahwa tidak ada kebahagiaan di dunia ini yang tidak akan berakhir. Dan pada saat itu para pengikut-Nya akan berpuasa. Apa hendak dikatakan? Dengan ini hendak dikatakan bahwa menjadi pengikut Kristus memang menggembirakan, tetapi menjadi pengikut Kristus juga berarti memikul salib. Ada saatnya untuk mengalami kebahagiaan dan ada saat untuk memikul salib. Namun salib tersebut tak akan menghilangkan kebahagiaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s